Translate

Minggu, 11 Oktober 2015

5 Jajanan Asli Indonesia Yang Paling Sehat

Makanan di Indonesia sangat beragam tetapi ada 5 makanan asli Indonesia yang paling sehat untuk di makan versi Jagoan Jajan. Makanana sehat itu adalah makanan yang tidak menimbulkan efek negatif terhadap tubuh dan juga mampu menambah nutrisi dan antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.
1. Karedok
Karedok adalah salah satu makanan khas sunda. Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain : mentimun, toge, kol, kacang panjang,daun kemangi,dan terong bulat. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang.Sayuran mentah adalah sayuran terbaik untuk tubuh apabila dicuci dengan bersih karena kandungan nutrisi dan antioksidan tidak hilang.
Lebih baik pilih karedok dengan bumbu kacang yang disangrai dan juga memakai gula aren karena aman dari radikal bebas dan juga gula aren memiliki glikemik indeks yang rendah sehingga tidak mengakibatkan meningkatnya gula dalam darah.


2. Asinan Sayur
Asinan  adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka), bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Asinan memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan masih utuh karena dimakan dalam keadaan mentah. Walaupun sehat tetapi kacang yang digunakan harusnya kacang yang di sangrai untuk membuat makanan ini sehat. Terdapat banyak jenis asinan, akan tetapi yang paling terkenal adalah Asinan Betawi dan Asinan Bogor. Asinan dapat ditemukan dijual di rumah makan, warung, dan pedagang keliling di Indonesia.


3. Rujak Buah
Rujak buah memiliki jenis beragam, salah satunya adalah rujak buah dengan bumbu gula aren, cabe dan kacang tanah. Makanan ini sehat karena kandungan dalam buah yang beragam sehingga tubuh akan mendapatkan banyak nutrisi. Lagi lagi untuk berhak menyandang makanan sehat maka harus digunakan kacang yang disangrai.

4. Pecel
Pecel adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti, tetapi dalam bahasa jawa, pecel dapat diartikan sebagai 'tumbuk' atau 'dihancurkan dengan cara ditumbuk'.Pecel sehat karena berisi sayuran yang direbus. Untuk memenuhi unsur sehat maka dalam merebus sayuran lebih baik hanya sebentar untuk menghindari makin hilangnya nutrisi dalam sayuran dan juga kacangnya harus disangrai serta menggunakan gula aren yang mempunyai indeks glikemik rendah.
5. Gado-Gado
Gado-Gado adalah makanan khas beberapa daerah di Indonesia. Untuk daerah jakarta terkenal dengan nama gado-gado betawai. Berupa sayuran yang di rebus kemudian diberikan sambal kacang yang diulek langsung dengan bumbu lainnya. Makanan ini juga merupakan makanan yang sehat karena menggunakan sayuran yang banyak sehingga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. kacang yang digunakan haruslah kacang di sangrai dan menggunakan gula aren yang memiliki ideks glikemik yang rendah.

www.shohya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar